Keberadaan Itu Menyebalkan

Facebook
Twitter
WhatsApp
aphrodite-and-adonis-5-e1553353742481~2
Keinginan asal mula penderitaan?

oleh Demi-pelajar Kontribusi Schopenhauer berkisar dari fenomenologi dan estetika. Keduanya sebenarnya saling terkait erat meskipun hal ini tidak terlihat pada pandangan pertama. Schopenhauer berada di persimpangan antara Kekristenan Platonis dan Orientalisme, terutama pemahamannya yang terbatas tetapi memabukkan tentang Buddhisme.

Mereka dalam tujuan dan pikirannya masing-masing

Ia memadukan erotisme dan voluntarisme Augustinian, kepercayaan bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk yang berkehendak, dengan metafisika Buddhis tentang pelepasan keduniawian, bahwa dunia itu sendiri adalah beban keberadaan kita dan mengakhiri keberadaan dalam tubuh adalah pembebasan dari penyakit dan gangguan yang kita derita. Hal ini sesuai dengan asosiasi Schopenhauer dengan fatalisme. Dengan kata lain, keberadaan itu menyebalkan.

Karena manusia pada dasarnya adalah keinginan, keinginan ini adalah hubungan antara tubuh dan dunia tubuh yang dihuninya. Kita adalah objek di antara objek dan eros kompulsif yang mendorong objek-objek tubuh ini tidak dapat diketahui, “benda-dalam-dirinya sendiri,” yang menyebabkan kesengsaraan kita karena kita tidak dapat mengetahui keinginan terdalam kita. Keinginan akan pengetahuan, kepuasan, kepuasan, inilah yang memacu kita pada pencarian yang tidak pernah berakhir ini. Namun, itu tidak pernah berakhir karena kita tidak pernah dapat mencapai kepuasan yang kita inginkan. Ini adalah kesalahan agama Kristen, yang menyatakan bahwa melalui penyatuan dengan Cinta (Tuhan adalah Cinta) ketenangan dapat dicapai. Keunggulan agama Buddha, dalam hal ini, adalah dalam pengakuannya bahwa kehidupan yang berwujud itu mengerikan, hina, bahkan jahat. Kesadaran ini, kesadaran akan kebijaksanaan yang putus asa , adalah yang paling dekat yang kita dapatkan dengan kepuasan kehendak dan representasi kita.

Satu hal di dunia yang paling mendekati kebenaran adalah estetika. Kegembiraan estetika, atau pengalaman, mungkin merupakan anugerah besar Schopenhauer bagi kehidupan intelektual. Pengalaman estetika adalah manifestasi kepuasan yang paling dekat karena keinginan untuk sementara ditenangkan dalam pengalaman estetika, atau pertemuan, saat kita diliputi oleh keagungan.

Kita tertarik pada pengalaman estetika semacam ini khususnya karena kematian adalah satu-satunya jalan keluar dari kegelisahan hidup. Di sini, pembaca Schopenhauer yang sangat ahli dalam teologi dan studi India akan melihat tumpang tindih antara antropologi Augustinian (jiwa yang gelisah dan keinginannya akan keindahan sebagai perlindungan dari nafsu dan dosa) dengan metafisika Buddhis tentang penolakan. Pengalaman estetika menangkap penyatuan ini dan mengarahkan kita ke arah pernyataan Schopenhauer bahwa kembali dari keberadaan, yaitu mengalami kematian, adalah “keselamatan” dalam arti bahwa pengalaman gelisah yang memperbudak kita akhirnya menghilang.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terkini

Balasan Terbaik ASTAGUNA Membungkam Gerindra “Menangkan Pilkada”

Gerak alam pun menunjukkan pembelaannya. Di tengah keputusasaan setelah diabaikan Gerindra, tiba-tiba…

BRI Peduli – Serahkan Satu Unit Dump Truk ke Pemkot Denpasar

Yoggi Pramudianto Sukendro mengatakan, bantuan dump truck ini sendiri merupakan wujud dan…

BRI Peduli–Serahkan Bantuan Satu Unit Dump Truck ke Pemkot Denpasar  

Bank BRI Kanwil Denpasar melalui program BRI Peduli menyerahkan bantuan satu unit…

Tim Pemenangan Prabowo-Gibran Backup Penuh Paket KATA

“Keluarga besar Pelita Prabu telah menunjukkan dukungan yang luar biasa. Kami harus…

Keberanian dan Kesunyiannya Masing-masing

Jika keberanian hanyalah soal otot (fortitude) maka preman pasar loak pun dapat…