Seks victorian

Sekilas; Seksualitas dari Masa ke Masa di Indonesia

Seksualitas bagi kalangan raja (kerajaan) di nusantara, bukan dipandang sebagai ‘moralitas’ akan tetapi layaknya kebutuhan manusia sehari-hari; seperti makan dan minum. Karya seni patung, lukisan adalah hal biasa menampilkan ketelanjangan di tempat suci, seperti halnya patung phallus (kelamin pria) dan vaginal (kelamin perempuan). Hanya saja, pejabat kolonial sendiri melihat hal ini sebagai hal yang sangat bertentangan dengan norma yang berlaku di negerinya; baik dalam percakapan, gerakan, candaan, tingkah laku dan bahkan sampai karya sastra dan seni. 

Selengkapnya
Nuntun-Panuntun

Nuntun, Penuntun Kehidupan

Air dianggap menghubungkan dunia material dengan dunia gaib. Ritual seperti melepaskan persembahan ke laut atau mengambil air dari sumber-sumber alami menggarisbawahi hubungan manusia dengan alam. Air memiliki peran praktis dalam pertanian dan kehidupan sehari-hari masyarakat Bali.

Selengkapnya
sentill

Ijinkan kami bergabung di Jagat Maya

Tentunya harapan ini membutuhkan dukungan, support dan kritik dalam perjalanannya. Sedangkan kesederhanaan, kesantunan tetap menjadi roh kami dalam membangun media ini. Kami juga tidak berusaha dengan gagah berkuah mengedepankan kutipan para ahli, kutipan para rombongan filsuf apalagi berkutbah panjang lebar soal surga dan neraka.

Selengkapnya
dukun

Tuhan, Tolong Saya,,

   “Ngidih olas pak, tolong saya. Istri saya ngidamkan mangga di rumah pak gubernur,” pintanya sekali lagi. Lalu salah satu Satpam mendekati Klemik. Satpam itu berbisik ke Klemik, “Kamu takut istri ya, kamu bodoh. Beli saja mangga di pasar dan bilang mangga itu dari rumah gubernur,” kata Satpam sambil ngeledek.

            “Ngidih olas pak, satu mangga saja. Tiang menikah sepuluh tahun, baru istri saya hamil. Ini lagi ngidam dan mintanya mangga disini,” jelas Klemik memelas, sambil berkata dalam hari, “Tuhan, tolong saya,”

Selengkapnya