Pekerja Rentan Gianyar Dicover BPJS Ketenagakerjaan 6 Bulan

Facebook
Twitter
WhatsApp
IMG-20230918-WA0019
GIANYAR – kelirbali.com  Pekerja rentan di Kabupaten Gianyar kini bisa menikmati BPJS Ketenagakerjaan. Dimana 
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gianyar akan mendaftarkan pekerja rentan di BPJS Ketenagakerjaan. Dimana pada setiap desa disubsidi 100 orang per desa. Saat ini sedang dilakukan pendataan oleh aparat desa. 
 
Dari Dinas PMD Gianyar, setiap desa dijatah sekitar 100 pekerja rentan. Dengan jumlah desa sekitar 64 desa, akan ada sekitar 6.400 pekerja yang tercover di kabupaten Gianyar. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah setiap 6 bulan. 
“Desa akan menanggung pekerja rentan tersebut selama enam bulan. Setalah itu para pekerja rentan dipersilahkan melakukan pembayaran secara mandiri. Enam bulan berikutnya akan dicari lagi 100 pekerja rentan di setiap desa,” ujarnya kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, Senin (18/9/2023). Pekerja rentan ini seperti tukang panjat pohon, tukang pikul, buruh bangunan, pekerja serabutan dan pekerja lain. 
 
Dijelaskan Ngurah Adi, pekerja rentan tersebut akan diikutkan dalam BPJS untuk sektor informal dengan iuran yang paling murah yakni Rp16.800 per bulan. “Pekerja ini nantinya mendapat perlindungan dua progam yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” jelas Ngurah Adi. Dengan iuran yang sangat terjangkau tersebut, manfaat perlindungan yang akan didapatkan mulai dari perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja.
 
Sedangkan, jika peserta meninggal dunia karena kecelakaan kerja, ahli waris berhak mendapatkan santunan JKK sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan. “Jika meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka santunan yang diberikan sebesar Rp42 juta,” bebernya. Hanya saja desa akan membayarkam kepada 100 pekerja rentan tersebut selama 6 bulan. Untuk 6 bulan berikutnya akan dicari pekerja rentan lainnya. “Anggarannya dari desa, kita harap pendataan harus selektif. Harapannya setelah ditanggung 6 bulan, para pekerja bisa membayarkan secara mandiri,” harapnya.den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terkini

Balasan Terbaik ASTAGUNA Membungkam Gerindra “Menangkan Pilkada”

Gerak alam pun menunjukkan pembelaannya. Di tengah keputusasaan setelah diabaikan Gerindra, tiba-tiba…

BRI Peduli – Serahkan Satu Unit Dump Truk ke Pemkot Denpasar

Yoggi Pramudianto Sukendro mengatakan, bantuan dump truck ini sendiri merupakan wujud dan…

BRI Peduli–Serahkan Bantuan Satu Unit Dump Truck ke Pemkot Denpasar  

Bank BRI Kanwil Denpasar melalui program BRI Peduli menyerahkan bantuan satu unit…

Tim Pemenangan Prabowo-Gibran Backup Penuh Paket KATA

“Keluarga besar Pelita Prabu telah menunjukkan dukungan yang luar biasa. Kami harus…

Keberanian dan Kesunyiannya Masing-masing

Jika keberanian hanyalah soal otot (fortitude) maka preman pasar loak pun dapat…